Friday, February 14, 2014

Jalanan itu keras

Hari ini cuacanya lumayan cerah. Makanya tadi pagi gue boker sambil internetan. Gak nyambung ya? Emang ! Biarin !
Seperti biasa, sambil berhajat, gue browsing pake android kesayangan gue. Dan pas gue ngeliat timeline facebook, Tiba tiba gue terperanjat, sampai sampai jamban yang gue duduki hampir rubuh menimpa gue.
Maap kalo lebay. Habisnya gue kaget banget. hehe

Gini ceritanya. Di timeline, gue liat ada temen gue yang menge-share info tentang rahasia supir truk. Rahasia yang mereka itu cukup dahsyat. Hingga gue kaget dan jamban yang gue duduki hampir rub...ups maap,  tadi udah gue tulis hehe
Sebelumnya, Kalo diantara kalian ada yang berprofesi sebagai sopir truk, gue memohon maaf yang sebesar besarnya. Soalnya rahasia kalian gue bocorin demi kebaikan kalian dan semua penggua jalanan.

Gini, Kita sering kan liat berita truk ngegiles orang yg naik sepeda motor sampai tewas.
Memang sih, yang salah biasanya si pengendara sepeda-motornya. Biasanya doi ugal ugalan. Trus jatoh. Nah padahal tepat dibelakangnya ada truk gede. Si sopir truk pasti nggak sempet ngerem. Langsung deh, si pengendara motor jadi disturbing picture.

Nah, di artikel yang dishare sama temen gue tadi ada pernyataan mengejutkan dari salah-satu sopir truk. Dia bilang kalo ada pengendara sepeda motor yang jatuh di depannya, dia akan tetap membiarkan truknya berjalan lurus. Gak peduli truknya bakal ngelindes ato nggak. Alasannya adalah jika truk bermanuver untuk menghidari pengendara motor, bisa saja truknya nabrak warung, ato muatannya menimpa orang di sampingnya, hingga korbannya jadi lebih banyak. Dengan kata lain, prinsip dia adalah, mendingan ngorbanin nyawa satu orang dari pada korbannya lebih banyak. Dan itu bukan hanya prinsip dia aja, tapi itu adalah prinsip semua sopir truk.

Dan pernyataan yang lebih mengejutkan lagi adalah, ketika si sopir sudah terlanjur menabrak orang, dia biasanya mengusahakan biar orang yang ia tabrak bisa meninggal ditempat. Dengan begitu perusahaan pemilik truk hanya perlu memberi uang santunan sukarela bagi korban meninggal. Lain kata kalau korbannya masih hidup tapi cacat, itu bakal memakan biaya ratusan juta, bahkan milyaran untuk kesembuhan si korban. Sehingga perusahaan pemilik truk bakal merugi. Si sopir pun akan dipecat.Itulah salah satu alasan mengapa sopir truk jadi kejam di jalanan.

Gara gara prinsip itu gue sekarang jadi takut naik motor di jalan gede yang banyak truknya. Apalagi beberapa waktu lalu gue berpetualang di daerah bukit pathuk gunugkidul. Udah jalannya sempit, naik turun, truknya jalannya lambat, mau nyalip tapi takut motor gue oleng trus kelindes. Gue milih melambat aja, coz gue berfikir bahwa nyawa gue sangat berharga.

Gue jadi pengen beli truk biar bisa jadi raja di jalanan. Selain itu kalo buat nebengin pacar pasti bakal keliatan macho banget. Tiap ngapelin pacar pun pasti bakal jadi pusat perhatian tetangga2 pacar gue. Habis itu digebukin sama mereka soalnya truknya nutupin jalan.

Tapi kenyataannya, dengan mengendarai truk itu pun tetap nggak bisa nggejamin kita slamet di jalanan.



Jalanan itu memang keras. Tapi tak sekeras punya gue. Wkwk Gue perpesan, sebelum kita berkendara sebaiknya kita berdoa terlebih dahulu. Paling tidak Allah bisa melindungi kita selama di perjalanan. Dan kalau kita tewas pun, insyaallah khusnul khatimah.

No comments:

Post a Comment